KOTAKUUUUU

PASURUAN

Karena saya lahir di Kota Pasuruan saya akan menceritakan sedikit. Bagaimana si Pasuruan itu. Kabupaten Pasuruan adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur. Kota Pasuruan adalah ibukota dari kabupaten ini.
Penduduk Kabupaten Pasuruan sangatlah beragam, layaknya beberapa kabupaten dan pulau di Indonesia. Terdapat berbagai macam suku seperti suku Madura, Tionghoa, Arab, Osing, dan suku Tengger yang masing-masing hidup berdampingan dengan damai. Wah keren yaa hehe..
Pasuruan terkenal sebagai kawasan industri dan pariwisata lo yang kompleksnya seperti gunung Bromo,  Taman Safari II dan kawasan peristirahatan Tretes. Dimana banyak pengunjung yang ingin meluangkan waktu akhir pekan mereka tanpa jauh-jauh berkendara. Kuylaa rasakan sensasinya liburan di Pasuruan ahaha..
Kota Pasuruan juga merupakan sebuah kota yang dijuluki sebagai kota santri loh. Sehingga seni dan budaya di Kota Pasuruan ini banyak diwarnai dengan manusia islami. Kota Pasuruan memiliki keanekaragaman kesenian daerah yang atraktif dan komunikatif dengan tata cara kehidupan masyarakat, terutama masyarakat pedesaan dan nelayan. Kegiatan seni modern , beberapa seni tradisional tetap dipertahankan hingga saat  ini. Beberapa macam kesenian yang ada di Pasuruan , missal Tari Terbang Bandung, Seni Hadroh Al-Banjari, Tari Merak Abyor, Klotek an Lesung, Pencak Silat Kuntu, dan masih banyak lagi. Kereen bukaaan ehe.
Selain kesenian dan budaya, Kota Pasuruan juga memiliki makanan dan cemilan khasnya. Ini nih beberapa contoh berbagai olahan makanan khas dan cemilan dari Kota Pasuruan ada Bipang Jangkar,Kupang Keraton Pasuruan, Trio Klepon,lupis,cenil, Nasi Punel Bangil, Rawon Sate Komo. Hmm recommended banget loo selain enak rasa harganya murah meriah tidak menguras dompet  hahaha,cuzlaaa.
Tidak hanya itu Kota Pasuruan ini merupakan Kota Pusaka yang mempunyai Moto “Kota BHAKTI”
jika dijabarkan :
Beriman : Masyarakat Kota Pasuruan adalah masyarakat yang menjunjung tinggi keimanan, dengan melaksanakan setiap ajaran agama mereka masing-masing.
Hijau : Kota Pasuruan merupakan kota ramah lingkungan yang memanfaatkan sumber daya alam dan energi secara efektif dan efisien, memiliki ruang terbuka hijau, menerapkan sistem transportasi terpadu, menjamin kesehatan lingkungan, Mengurangi limbah dan menyinergikan lingkungan alami dan buatan melalui peningkatan peran serta masyarakat.
Aman : Masyarakat Kota Pasuruan merasa aman melakukan aktifitas apapun dan terbebas dari ancaman ataupun gangguan dari berbagai bentuk kejahatan manusia termasuk juga bencana alam.
Kreatif :  Masyarakat Kota Pasuruan dikenal sebagai masyarakat yang kreatif dan inovatif.
Taat :  Masyarakat Kota Pasuruan harus menaati segala peraturan yang berlaku di Kota Pasuruan.
Indah : Kota Pasuruan dikenal sebagai kota yang indah, memiliki tata ruang kota yang rapi, lingkungan yang asri, dan memiliki pemandangan hijau di setiap sudut kota.
Bagaimana? Menakjubkan bukan kota kelahiranku ;))

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fasilitas UMM

Universitas Muhammadiyah Malang

AGRIBISNIS